Surabaya Footnote + Ronascent Compilation vol. 2

Ronascent merilis zine cetak catatan skena musik Surabaya Footnote 2014, dilengkapi dengan Ronascent Compilation vol. 2, berisi musik dari 11 band lokal.

Musik · 9 December 2014 · Keywords: ·
On December

Skena musik Surabaya dalam dua tahun terakhir ini disegarkan tidak hanya oleh geliat musisinya sendiri, tapi juga oleh keberadaan webzine musik online, Ronascent, yang mengangkat musik Indonesia, dan memberi kolom khusus untuk kota basisnya dalam bentuk Sub channel, kanal yang merangkum band-band Surabaya, dan Surabaya Footnote, catatan tentang skena musik Surabaya.

Mengakhir tahun 2014, Ronascent merilis Surabaya Footnote 2014 dalam bentuk zine cetak, berisi catatan editorial tentang skena musik Surabaya sepanjang 2014. Mulai dari band, album, lagu, gig, klip, pendatang baru dan sebagainya yang erat dengan pergerakan skena non-mainstream disajikan dalam zine ini.

Melengkapi zine ini, hadir pula Ronascent Compilation Vol. 2. Kompilasi ini adalah rilisan kedua dari Ronascent setelah tahun lalu merilis volume pertama via digital. Berbeda dengan sebelumnya, kompilasi ini tak hanya rilis digital, tapi juga dalam format fisik. 11 band berkualitas dari Surabaya dengan genre bervariasi akan tersaji di dalamnya. Beberapa nama baru tampak menghiasi kompilasi ini yang membaur dengan nama-nama lama. Tak hanya itu, lima band di dalamnya pun secara eksklusif merilis single barunya di kompilasi ini. Lagu-lagu tersebut ialah Rima Berbisa (Bvas), Misery (Crucial Conflict), Bella On 79 Seconds (Humi Dumi), Pertanda (My Mother Is Hero) dan Reckless Heart (WolfxFeet).

Paketan double project ini sekaligus menjadi jawaban atas minimnya rilisan berkualitas yang muncul dari Surabaya. Simak seluruh konten yang tersaji, nikmati bersama liburan akhir tahun kalian. Zine Surabaya Footnote 2014 dan Ronascent Compilation Vol.2 akan rilis 20 Desember mendatang. [email protected] dan kunjungi www.ronascent.biz untuk info lebih lanjutnya.

01. CHARLIE’S RUM AND THE CHAPLIN (Folk Punk)
Lagu : Surabaya Alive!
Album : Ballad of Motherland
Rilis : November 2013
Irish, punk, alkohol dan patriotis; Charlie’s Rum And The Chaplin meretas dari pinggiran Kota Surabaya menjadi band yang banyak menarik perhatian. Surabaya Alive! merupakan salah satu lagu andalan dari debut album mereka Ballad of Motherland yang rilis November 2013.

02. BVAS (Stoner Rock)
Lagu : Rima Berbisa
Album : Agresi
Rilis : Desember 2014
Pendatang baru dengan formasi kawakan. Mengusung musik stoner low to mid di Surabaya yang terbilang masih jarang ditemui. Bvas merilis debut EP Agresi pada Februari 2014 dengan Rima Berbisa yang jadi single keduanya.

03. PITFALL OTTERS (Punk)
Lagu : Reason
Album : Single
Rilis : Februari 2014
Kolektif punk Surabaya yang bias. Meski begitu single Reason yang mereka lepas Februari 2014 jadi garansi bahwa Pitfall Otters masih ada. Mengerjakan materi sepanjang tahun, lagu-lagu berbau overtuned melodic punk rock siap berdendang lagi tahun depan.

04. CRUCIAL CONFLICT (Metal)
Lagu : Misery
Album : Back to Battlefield
Rilis : Desember 2014
Salah satu unit metal veteran di Surabaya. Memasuki usia yang ke-
15, Crucial Conflict berkomitmen untuk kembali bertaring dengan
melepas album ketiganya Back to Battlefield. Lebih kelam, padat dan
emosional, Misery mereka jagokan sebagai single pertamanya.

05. HUMI DUMI (Folk Pop)
Lagu : Bella On 79 Seconds
Album : I Am Ij Sin A
Rilis : Desember 2014
Abaikan ‘Innocence Folk Pop’, dengarkan materi-materi nina bobok yang telah mereka ramu. Lewat album pertama I Am Ij Sin A, Humi Dumi memastikan bahwa mereka adalah obat tidur terbaik yang dimiliki Surabaya sepanjang tahun 2014.

06. MY MOTHER IS HERO (Rock)
Lagu : Pertanda
Album : Sundial
Rilis : Desember 2014
Jangan berbicara momen. Memang Surabaya bukan lagi Kota Rock,tapi spirit itu masih bernafas di My Mother Is Hero. Sundial jadi bukti kematangan mereka setelah berada di ujung tanduk. Simak Pertanda, sebuah lagu yang lekat
dengan kondisi mereka sebelum kematangan mulai berpihak.

07. DOPEST DOPE (Alternative)
Lagu : The Luck Song
Album : Single
Rilis : Mei 2014
The Luck Song seakan menjadi paradoks atas sebuah keberuntungan. Memutar balik keadaan dengan anggapan tidak ada istilah keberuntungan. Single terbaru dari Dopest Dope yang telah meresmikan diri menjadi empat orang dan mencoba
keberuntungan dengan menyelesaikan rilisan pertamanya.

08. SILAMPUKAU (Folk)
Lagu : Berbenah
Album : Sementara Ini
Rilis : Agustus 2014
Duo kepodang itu kembali lagi. Tahun 2014 menjadi saksi atas bergairahnya dua musisi syahdu pembawa keoptimisan ini. Silampukau mulai memainkan lagu baru dan pindah dari panggung ke panggung. Pemanasan dengan reissue Sementara Ini, rilisan terbarunya akan segera muncul.
Catatan: Sementara Ini dirilis oleh SUB/SIDE, netlabel Ayorek!. Simak lagu-lagu lain Silampukau di sini.

9. THE SKA BANTON (Ska)
Lagu : Smart Girl
Album : Coming Soon
Rilis : Desember 2014
Ska tidak pernah tidur di Kota Pahlawan. Geliat demi geliat terus
berlangsung dari band-band di dalamnya. Lewat beberapa single
yang sudah dilepas sepanjang tahun, The Ska Banton menyuguhkan
album pertamanya di tahun 2014, Smart Girl merupakan komposisi rocksteady andalannya.

10. WOLFXFEET (Hardcore)
Lagu : Reckless Heart
Album : Single
Rilis : November 2014
Album Someone Hate Everyone Care jadi album pertama yang hadir di scene Surabaya pada 2014. Gebrakan oldschool dengan performa impresif membuat mereka jadi salah satu kolektif hardcore yang eksis. Belum genap setahun dari album pertama, WolfxFeet sudah menyiapkan rilisan kedua, Reckless Heart adalah bocorannya.

11. TIMELESS (Indie Rock)
Lagu : Cold Summer
Album: We Believe For What We Do Is Timeless
Rilis : Agustus 2014
Melepas EP We Believe For What We Do Is Timeless yang bebas unduh, Timeless memulai kiprahnya sebagai salah satu debutan yang mulai bersinar di Surabaya. Suguhan musik alternative yang sarat akan overdrive dengan vokal ritmis sudah cukup memberi kesan pertama yang menyenangkan.

Editor Ayorek
Ayorek is a platform to record, connect, and enable the city and the people of Surabaya. Specifically, it aims to collect, organise, and disseminate the rich dynamics of urban experience and knowledge, that are particularly grounded in Surabaya. | INFO: [email protected]

Email | @ayorek_org | Website | Profile

Cover Ronascent Compilation Vol.2

Tracklist

01. Charlie's Rum And The Chaplin – Surabaya Alive! 04:16
02. Bvas – Rima Berbisa 04:33
03. Pitfall Otters – Reason 02:44
04. Crucial Conflict – Misery 05:08
05. Humi Dumi – Bella On 79 Seconds 03:45
06. My Mother Is Hero – Pertanda 04:16
07. Dopest Dope – The Luck Song 02:58
08. Silampukau – Berbenah 03:28
09. The Ska Banton – Smart Girl 04:33
10. WolfxFeet – Reckless Heart 02:50
11. Timeless – Cold Summer 03:25
42:03

Release date

20 December 2014

Contact & info

Ronascent Webzine
Website : www.ronascent.biz
Email : [email protected]
Mobile : +628733358227
Twitter : @Ronascent
Facebook : Ronascent.
Soundcloud : Ronascent.
SURABAYA, INDONESIA