Serambi Jazz: Duo Project

DuoProject

Duo Project adalah sebuah grup baru yang dibentuk di pertengahan tahun 2012 oleh dua musisi jazz Indonesia: Ramadhani Syah Warongan pada piano dan Johanes Radianto pada gitar. Mereka membentuk grup ini atas saran dari seorang promotor asal Bandung untuk menyelenggarakan konser dengan format grup yang sederhana. Akhirnya mereka memutuskan untuk bermain dengan piano dan gitar dan menamani grup mereka "Duo Project".

Konser pertama mereka dipenuhi penonton dengan antusiasme yang luar biasa, sehingga kedua sahabat tersebut memutuskan untuk terus bekerja sama sebagai Duo Project.

Ramadhani Syah Warongan, lahir tahun 1980, mendapat gelar sebagai pianis pada tahun 2009 dalam bidang Jazz dari Prins Claus Conservatorium di Groningen, Belanda. Banyak musisi lokal maupun luar negeri yang pernah menjadi pengajarnya dalam bermusik, antara lain: Jasper Soffers, Marc Van Roon, David Berkman, Indra Lesmana, Tjut Nyak, Deviana Daudsjah, Aksan Sjuman, Michael Moore, Elena Malinova, Steve Altenberg, Joris Teee, Ralph Peterson, Alex Sipiagin, Freddie Bryant, Daena DeRose, Kurt Weiss, Brian Lynch, Don Braden dan Mark Gross.

Selama masa studinya di Belanda, ia pernah masuk ke dalam beberapa album seperti Gipsy Nature, karya dari seorang saxophonist berkebangasaan Lithuania, Kestutis Vaiginis. Dhani juga menjadi anggota Re-Bop Unit, sebuah grup quintet yang terpilih menjadi bagian dari “The Artistry of Dick Oatts and Young Jazz Musicians”. Ini merupakan sebagian dari program pelatihan untuk seniman muda yang diprakarsai oleh badan riset Lifelong Learning in Music & The Arts. Dia tampil di Rumania dan Belanda.
Saat ini Dhani bekerja sebagai pengajar di Universitas Pelita Harapan, Ponpin Music School, dan Institut Musik Indonesia. Bersama dengan Johanes Radianto, ia tergabung dalam sebuah quartet terkenal, Jongens Quartet, juga dengan beberapa musisi lainnya seperti Elfa Zulham dan Doni Sundjoyo.

Johanes Radianto lahir tahun 1982, mulai belajar alat musik sejak usia sebelas tahun. Dia terinspirasi oleh musik-musik bergenre pop, rock, blues, dan bluegrass. Ia beralih ke musik jazz karena terinspirasi oleh musisi seperti Elfa Zulham dan Doni Sundjoyo.

Johanes mendapatkan gelar master dalam bidang musik pada tahun 2010 dari Koninklijk Conservatory di Den Haag, Belanda. Sebelumnya, gelar sarjana yang juga dalam bidang musik, diperoleh dari Prins Claus Conservatorium di Groningen, Belanda. Pada tahun 2006 ia mengikuti program Summer Jazz dengan Barry Harris di Slovenia. Saat ini ia menjadi instruktur musik privat di Music-School Musicon (Den Haag), dan di Ponpin School of Music (Jakarta).

Johanes pernah beberapa kali tampil bersama banyak musisi dari Eropa maupun Asia. Ia juga sering mengikuti festival dan memberi workshop di berbagai institusi. Beberapa waktu lalu ia berkolaborasi dengan beberapa musisi jazz kenamaan Indonesia seperti Indra Lesmana, Oele Pattiselano, Margie Segers, dan lainnya.

EVENT SNAPSHOT

Event Category

RSVP

Not Required

ENTRANCE

Free

When

Date: 16 Nov 2013
Time: 19:00

Address

Ciputra Hall , Puri Widya Kencana, Citraland , Surabaya , Jawa Timur , Indonesia , 60213

Contact Information

Goethe Institut
+62 31 534 37.35
[email protected]

Share This Event

MAP