SUB/SIDE live: Hi Mom!

SUBSIDELiveHiMom

SUB/SIDE live menampilkan Hi Mom!
Sabtu, 21 September 2013, pk. 18.00 - 21.00
C2O library & collabtive, Jl. Dr. Cipto 20 Surabaya 60264
Terbuka untuk umum ♥ donasi sukarela

SUB/SIDE live adalah pertunjukan terkurasi dari SUB/SIDE, kali ini menampilkan pagelaran musik Hi Mom! yang terdiri dari: K(Vox+Rhythm), Indra (lead guitar), Adiel (bass), Eri (keyboard), Koko (Drum).

Soundcloud himomtheband | Twitter @himomtheband

Tentang Hi Mom!: Gaya bermusik Hi Mom! secara garis besar berkiblat kepada musik alternatif 90an. Warna sound yang banyak mengambil dari repertoir musik yang beragam, seolah agak menyulitkan para kurator musik untuk mendefinisikan musik mereka. Sound drum yang cenderung deep dengan fill-in lugas namun sesekali terdengar rumit merupakan gaya gebukan drum yang khas dari Kokoh Wardoyo. Beat drum yang khas bisa beberapa kali ditemui di lagu-lagu Hi Mom!. Seolah ini merupakan signature beat yang tidak bisa dilepaskan dari permainan drumnya. Namun begitu, gaya drumming ini sangat mudah beradaptasi dengan komposisi yang tidak terpatok pada genre apapun yang dibuat oleh Khukuh A. Yuda.

Komposisi lagu yang ditulis oleh Khukuh A. Yuda pada dasarnya mengambil dari beragam warna musik yang menjadi repertoirnya selama ini. Mengambil banyak repertoir dari vokalis wanita dan band dengan genre progresif rock, membuat lagu yang dikomposisi Khukuh cenderung memiliki 2 klasifikasi, keras namun lembut. Penggabungan dua nuansa ini seolah menjadi ciri yang kental yang secara tidak sengaja terbentuk dari komposisi yang selama ini ditulis. Vokal Khukuh cenderung terdengar feminin dengan teknik head voice dan nasal, serta tambahan falsetto yang menambah nuansa melayang setiap komposisinya. Sound gitar yang dihasilkan lebih banyak memadukan unsur sound overdrive standard dari SD-1 (Boss) dan modulasi delay (DD-20). Khukuh hanya sesekali menggunakan distorsi dari Proco Rat dan modulasi tremolo klasik.

Sound gitar Indra Adi Surya banyak dipengaruhi oleh lick yang dihasilkan oleh Ross Childress dari Collective Soul. Lick gitar yang tidak terlalu rumit namun pas selalu berhasil menambah nuansa pada part-part lagu yang kosong. Sound gitar yang crunchy dari OD-3 yang dipakai selalu bisa memenuhi part lead Indra yang banyak ditemui di setiap menit aransemen. Modulasi yang digunakan hanya sekedar untuk keperluan sustain saja. Indra lebih banyak memfokuskan sound gitarnya pada lick yang catchy dan berulang. Dia tidak banyak mengolah sound dari permainan efek yang rumit.

Adhiel memberikan nuansa baru pada corak musik Hi Mom!. Permainan bassnya selalu terdengar outstanding dengan progresi chord yang aneh. Adhiel banyak memberikan lick yang ‘anti-strumming’, dan lebih memilih untuk memberi progresi. Dengan adanya gaya permainan yang seperti ini, menjadikan part lagu yang diulang menjadi lebih semarak dan tidak terdengar monoton. Sebagai pemain bass yang juga seorang vokalis, Adhiel juga memberikan nuansa baru pada departemen vokal. Teknik vokalnya yang natural seperti orang yang sedang berdialog menjadikan part verse tidak hanya berisi lantunan syahdu saja. Namun ada tambahan vokal yang bisa menggelitik pendengaran.

Eri menjadi garda belakang yang kuat untuk menjaga nuansa melayang pada aransemen lagu. Soundnya yang sederhana diambil dari keyboard mainan Casiotone yang menambah unsur melodi dan memberi nuansa tambahan pada frekuensi rendah. Progresi lead yang dihasilkan tidak terkesan egois, dan seolah bisa menempatkan diri pada tatanan sound yang pas dalam riuhnya alat musik yang dimainkan secara serentak.

EVENT SNAPSHOT

Event Category

RSVP

Not Required

ENTRANCE

Donation: Donasi membantu kegiatan ini terus berjalan ♥

When

Date: 21 Sep 2013
Time: 18:00 to 21:00

Address

C2O library & collabtive , Jl. Dr. Cipto 20 , Surabaya , Jawa Timur , Indonesia , 60264

How To Get There

Tersedia beberapa parkir untuk sepeda motor dan mobil. Transportasi umum: Bemo lyn G, JK, M, Q, V, berhenti di Jl. Dr. Soetomo (depan Konjen Amerika) atau Jl. Raya Darmo.

Contact Information

Adil Alba
Twitter @ayorek_org @himomtheband @c2o_library
[email protected], [email protected]

Share This Event

MAP