Undangan Terbuka: Program Residensi Dapur Komunitas Mendira

Holopis_ResidensiDapurKomunitasMendira_20151214

Durasi Pesanggrahan: 15 Januari - 15 April 2016

Lokasi: Dusun Mendiro, Desa Panglungan, Jombang - Jawa Timur

Kesempatan ini terbuka bagi arsitek, praktisi seni, desain, dan teknik lingkungan yang ingin berkolaborasi dengan warga di Dusun Mendira, Jombang untuk mewujudkan dapur komunitas yang akan berdampingan dengan kebun agroekologi.

Peserta tidak diharuskan untuk selalu berada di Dusun Mendira namun dapat berkomitmen untuk menyelesaikan program pesanggarahan sesuai rencana awal. Tiga peserta residensi akan mendapat subsidi biaya selama periode pesanggrahan sebesar Rp. 5.000.000,- dan seluruh biaya pembuatan karya untuk dapur akan ditanggung oleh Holopis.

Mentor

Para peserta akan dibantu oleh praktisi ahli:

Persyaratan

  • Umur 18 - 35 tahun
  • Memiliki empati dan keinginan untuk belajar dan bekerja bersama dengan warga desa
  • Bersedia untuk tinggal minimum 4 minggu di Dusun Mendira selama durasi pesanggrahan, di rumah penduduk, sambil menikmati udara segar

Pendaftaran

  • Mengirimkan ke [email protected]:

    • Pernyataan tujuan mengikuti program (maks. 300 kata)
    • CV riwayat hidup dan pengalaman berkarya
    • Portfolio (maks. 5MB)
    • Surat rekomendasi dari orang yang relevan dengan bidang kerja pelamar (opsional)
  • Pendaftaran dikirim paling lambat 31 Desember 2015
  • Pengumuman paling lambat 8 Januari 2016
  • Contact: [email protected] / Debrina: 0821-3967-7785 / Erlin: 0818-0304-8070

Mengapa Dapur Komunitas Mendira

Dapur komunitas ini akan berlokasi di sebelah kebun agroekologi, dan akan digunakan untuk bereksperimen dan mengolah berbagai varietas tanaman lokal yang ada di Dusun Mendira. Kami percaya bahwa cara paling efektif untuk melestarikan pangan lokal adalah dengan memproduksi, mengkonsumsi, dan memodifikasi. Hasil dari dapur komunitas ini adalah produk-produk pangan lokal Dusun Mendira yang nanti akan dijual dan didistribusikan di daerah perkotaan.

Selain itu, kami juga akan menjadikan dapur ini sebagai percontohan sebuah dapur ekologis yang ramah lingkungan. Dusun Mendira diharapkan bisa menjadi tempat wisata edukasi agroekologi di kemudian harinya. Selain itu, berbagai inovasi dan know-how desain dan teknologi ekologis akan kami dokumentasikan dan sebarkan untuk menjadi inspirasi dan guide yang mudah untuk diadaptasi untuk orang-orang awam.

Beberapa konsep dapur ekologis yang ingin kami capai adalah:

  • Penggunaan materi-materi yang tersedia di lingkungan untuk pembangunan dapur ekologis
  • Estetika dan desain yang memperhatikan lingkungan
  • Pemanfaatan limbah dapur untuk kompos yang akan digunakan untuk kebun agroekologi
  • Penggunaan biogas sebagai sumber energi dapur

Tujuan akhir kami adalah menciptakan percontohan dapur ekologis ramah lingkungan yang berlokasi di kebun agroekologis di Dusun Mendira.

Dusun Mendira & KPSKA

Dusun Mendira terletak di desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Lokasi 2.5 jam dari Surabaya dan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi publik (bis) dan ojek.

Dusun Mendira adalah dusun terakhir di desa Panglungan sebelum memasuki wilayah pegunungan Anjasmara. Dusun ini oleh pemerintah desa setempat dikategorikan sebagai dusun miskin walaupun dusun ini dikelilingi oleh hutan yang menyediakan segala kebutuhan sehari-hari mereka dari keberagaman hayatinya.

Kelompok Perempuan Sumber Karunia Alam (KPSKA) beranggotakan 8 orang perempuan yang ingin meningkatkan kualitas hidup di dusun mereka dengan memanfaatkan pengetahuan tradisional dan keragaman hayati. Tahun lalu, kelompok ini memberanikan diri untuk menyewa lahan desa yang dipergunakan sebagai lahan percobaan dan pembudidayaan berbagai tanaman pangan liar yang sebenarnya sudah dikonsumsi selama ratusan tahun namun mulai dilupakan.

Dukungan & Kerjasama

Program Residensi ini didukung oleh Dana SAM dan bekerjasama dengan Akanoma Studio, TeTeG, Mantasa, dan KPSKA.

 

EVENT SNAPSHOT

RSVP

Essential/Wajib

ENTRANCE

Free

When

Date: 01 Dec 2015 to 31 Dec 2015

How To Get There

Contact Information

Erlin
081803048070
[email protected]

Share This Event