Perihal

Ayorek adalah suatu platform yang bertujuan untuk membantu kita mengumpulkan, berbagi dan merangkai berbagai cerita, tindakan, pertanyaan, gagasan, know-how, tantangan dan solusi tentang Surabaya dan kehidupan kota. Ada pula direktori informasi acara, tempat, kegiatan yang berhubungan. Harapannya, membuat Surabaya menjadi kota yang lebih beragam, berwarna dan berkelanjutan. Kita percaya bahwa banyak dari semua itu ada beredar di semua orang.

Ayorek tidak mengutamakan berita headline terbaru. Dengan menggunakan website sebagai platform utama kami, bentuk media yang kami eksplorasi pun bervariasi: teks, foto, ilustrasi, audio (musik), video. Kami berupaya membangun pengetahuan mengenai Surabaya yang berlandaskan fenomena sehari-hari, terutama di kota Surabaya, untuk mendorong dialog yang saling membangun, dinamis, kaya dan bervariasi.

Cerita apa saja yang ada di dalam Ayorek?

Cerita-cerita di yang dimuat di Ayorek saat ini memfokuskan pada tema-tema di bawah ini, tanpa menutup kemungkinan tema akan berkembang ke depan.

  • kota: kehidupan dan wacana kota/urban, transportasi, infrastruktur
  • budaya: cerita budaya, ulasan acara dan media yang berkaitan dengan Surabaya. Di sini, budaya tidak kami artikan dengan sempit sebagai terbatas pada kesenian atau kebudayaan tinggi.
    • buku: tapi juga bisa termasuk komik, zine
    • musik
    • SUB/SIDE: Unduh dan dengarkan musik pilihan dari Surabaya melalui SUB/SIDE, netlabel yang dikelola oleh Ayorek!.
    • film
  • kerja: penyambungan hidup
  • desain: proses perancangan, pemecahan masalah
  • kehidupan: orang-orang, gaya hidup, kesehatan, dan sebagainya.

Ayorek menerima kontribusi cerita dalam bentuk teks, foto, ilustrasi, audio atau video. Silakan membaca syarat dan ketentuannya di sini.

Peta & Direktori

peta ruang publik surabaya

Selain memuat cerita, Ayorek juga berupaya membuat direktori dan peta praktis. Anda pun dapat berkontribusi dalam melengkapi berbagai peta dan kalender ini. Silakan klik tautan ini untuk membaca keterangan lebih lanjut.

Yang ingin kami capai

  • Membuat and menyebarluaskan pengetahuan mengenai Surabaya, untuk orang-orang Surabaya maupun di luar
  • Menjembatani dan memfasilitasi dialog antara berbagai individu maupun kelompok yang sebelumnya tak terhubung
  • Menyediakan platform di mana karya-karya populer maupun tulisan akademis mengenai Surabaya dapat bersilangan dalam berbagai format dan media

Tim Kerja Ayorek

Ayorek diprakarsai oleh sejumlah individu dari berbagai latar belakang dan lokasi di Surabaya: buruh, wiraswasta, desainer, arsitek, musisi, guru, dosen, mahasiswa, aktivis, dan sebagainya. Sistem kerja Ayorek bersifat terbuka dan sukarela, bekerja untuk mengumpulkan, menghubungkan, dan memberdayakan siapapun yang peduli demi perkembangan individu dan bersama. Mengenai tim redaksi, dapat dibaca di sini.

Saat ini, sekretariat Ayorek dikelola di C2O library & collabtive. Ayorek! dikembangkan sebagai bagian dari program Dinamika Pengetahuan Perkotaan yang digagas oleh Rujak Center for Urban Studies, dan menerima dana hibah (grant) dari Ford Foundation (USD 20.000 selama Maret 2012 s/d Desember 2013). Selain di Surabaya, program ini juga dilangsungkan di dua kota lainnya: Makassar dengan nama Makassar Nol Kilometer (dikelola oleh Tanah Indie) dan di Semarang dengan nama UGD Semarang (dikelola oleh Hysteria).

ISSN & Hak Cipta

ISSN Ayorek 1377739960
ISSN: 2338-8730

Semua materi di Ayorek disebarluaskan dengan menggunakan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 3.0.

Lisensi Creative Commons

Dengan kata lain, hak cipta materi yang disebarluaskan di Ayorek tetap berada pada kontributor. Dengan penerbitannya di Ayorek, artikel ini menjadi bebas untuk digunakan siapapun, asal: (1) memberi pencantuman atribusi yang jelas kepada kontributor, (2) untuk kepentingan pendidikan, pembelajaran dan non-komersial, dan (3) wajib disebarluaskan dengan lisensi yang serupa. (Silakan baca informasi legalnya.)

Informasi

Jika Anda memiliki ide untuk berkontribusi, pertanyaan, atau memerlukan informasi lainnya, hubungi editor kami di: [email protected]

Contact Form

 

Verification

This post is also available in: English