Peluncuran Album Silampukau – Dosa, Kota & Kenangan

Silampukau_peluncuran album 19052015

Kami sedang menjalani hidup di kota yang sama dengan warga kampung Tambak Bayan yang berada di bawah bayang-bayang penggusuran. Kampung Tambak Bayan adalah salah satu kampung yang berada di pusat kota Surabaya dengan akses transportasi umum yang mudah, dekat dengan pasar dan fasilitas publik lainnya, warga setempat juga bekerja di pusat kota. Namun sejak tahun 2007, warga di Jalan Tambak Bayan Tengah berhadapan langsung dengan pemilik Hotel V3 yang berusaha menguasai lebih banyak tanah di Tambak Bayan dan Kepatihan. Sebagai kampung tua di Surabaya yang dihuni oleh mayoritas keturunan Tionghoa, kejadian ini sangat disayangkan, pemerintah kota Surabaya pun tidak banyak bersuara. Akhirnya setelah mengalami proses negoisasi yang panjang, keputusan terakhir yang dipilih warga adalah relokasi dengan syarat lokasi yang diberikan masih layak untuk ditinggali. Namun semangat warga Tambak Bayan yang mengalami sengketa tanah belum luntur karena mereka memiliki harapan yang besar untuk tempat tinggal yang layak untuk keluarga mereka.

Suara-suara dalam album perdana kami, Dosa, Kota, dan Kenangan adalah suara-suara dari permasalahan sosial perkotaan yang kami lihat sehari-hari. Kasus Tambak Bayan adalah salah satu gambaran tentang laju kota Surabaya yang semakin menghimpit warga yang tinggal di pusat kota. Kami mencoba merekam kampung ini sebagai ingatan kami sebagai warga Surabaya melalui pertunjukan musik. Kami akan meluncurkan Dosa, Kota, dan Kenangan di tengah-tengah warga Tambak Bayan, keluarga, dan kawan-kawan yang sudah mendukung kami selama ini. Pertunjukan musik dilakukan di sebuah bangunan kolonial bangunan kolonial bekas istal kuda yang sekarang ditinggali oleh lebih dari 30 kepala keluarga. Mereka menempati sayap-sayap bangunan utama yang terbuat dari kayu jati, dikelilingi banyak sumur yang dulu berfungsi untuk memandikan kuda. Mereka tidak menempati bangunan utama, ruang itu digunakan sebagai workshop sejumlah tukang kayu dan tukang kawat, ruang tersebut sekaligus menjadi ruang serbaguna untuk warga. Di ruang tersebutlah kami akan memainkan sepuluh lagu dari album Dosa, Kota, dan Kenangan, yaitu Balada Harian, Si Pelanggan, Puan Kelana, Bola Raya, Bianglala, Lagu Rantau (Sambat Omah), Doa 1, Malam Jatuh di Surabaya, Sang Juragan, Aku Duduk Menanti.

Pada tanggal 19 April 2015, kami mengajak banyak kawan untuk berkolaborasi dalam pertunjukan musik di Tambak Bayan, yaitu Rhesa Filbert (The Ska Banton), Erwin Saputra (Others), Bintang Elkana (The Ska Banton), Artha Laksana, Alka, Regi (Unesa), Christabel Annora (pianis), Aji Prasetyo (komikus), Kidung Kelana (musical saw artist), Doni Setiohandono (VOX), Sondy Priatama (OM Air Mata Buaya). Produksi pertunjukan ini didukung oleh warga Tambak Bayan Tengah, Stoned Radio, Kreatigo Indonesia, Rockin Visual, Warkop Ramonez, Unity Sound, Karya Gemilang, Garasi 337, dan C2O library & collabtive. Pertunjukan ini juga bisa didengar dan dilihat secara online di http://www.stonebiz.co.id/

Dosa, Kota, & Kenangan
Dosa, Kota, & Kenangan adalah LP pertama dari grup folk asal Surabaya, Silampukau. Album yang dikerjakan selama setahun melalui proses home recording yang menyenangkan ini dirilis dalam dua format, yaitu album fisik (CD) dan album digital yang dapat dibeli-unduh melalui iTunes. Dua liner notes dari Afrizal Malna, dan Indra Tjahyadi akan menjadi pelengkap untuk menikmati album ini.

Silampukau
Silampukau adalah kepodang, salah satu biduan kondang dari alam raya; adalah cara orang-orang Melayu lampau memanggilnya; adalah duo Kharis Junandharu dan Eki Tresnowening yang berasal dari Surabaya. Dibentuk di akhir 2009, Silampukau berusaha menyanyikan mimpi, protes, perjuangan, semangat, dan geliat kehidupan sehari-hari perkotaan dalam iringan instrumen akustik seadanya. Lagu-lagu sederhana tentang orang-orang sederhana dalam momen-momen sederhana mereka.

Website: http://silampukau.com/
Twitter: @silampukau
Facebook: https://www.facebook.com/silampukau
E-mail: [email protected]
(+62) 818584205

Undangan untuk menghadiri pertunjukan musik: peluncuran album Silampukau - Dosa, Kota, dan Kenangan adalah terbatas untuk 30 orang.

EVENT SNAPSHOT

Event Category

RSVP

Not Required

ENTRANCE

Free

When

Date: 19 Apr 2015
Time: 16:00

Address

Jalan Tambak Bayan Tengah no 35, 37, 39, 41 , Surabaya , Jawa Timur , Indonesia

How To Get There

Contact Information

Silampukau
(+62) 818584205
[email protected]

Share This Event

MAP