StarSide – Disaster Education

StarSide Edukasi Bencana

StarSide adalah komunitas relawan yang fokus pada edukasi kebencanaan untuk anak-anak.
Menurut data UNISDR, Indonesia merupakan negara paling rawan bencana di dunia. Sayangnya, pendidikan kebencanaan di Indonesia masih bersifat kuratif ketimbang preventif. Pendidikan kebencanaan di Indonesia belum dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah dan masih dianggap sebagai topik yang berat dan suram. Padahal kesiapsiagaan bencana terbukti dapat menyelamatkan banyak nyawa dan kerugian.

Melihat kebutuhan ini, StarSide hadir sebagai sebuah upaya untuk menyebarluaskan informasi pengelolaan resiko bencana untuk anak-anak yang disampaikan dengan cara inovatif lewat metode gamifikasi. Tujuan akhirnya adalah menciptakan generasi dan masyarakat yang berdaya dan sigap menghadapi bencana.

StarSide sendiri merupakan anagram dari "Disaster". Harapannya, meskipun kita tak bisa mengelak dari ancaman dan resiko bencana di negara kita, kita selalu bisa membekali diri dengan ilmu dan kesiapsiagaan.

Works & Activities

Pendidikan kebencanaan dilakukan lewat sebuah event sehari. Di dalam event tersebut, terdapat pos-pos yang masing-masing mengajarkan pengetahuan dan keterampilan kebencanaan lewat permainan dan simulasi.

Konsep dasar pendidikan bencana yang digunakan diadaptasi dari Jepang dan Thailand, dengan menggunakan gamifikasi dan permainan kreatif yang seru dan menyenangkan, yang disesuaikan dengan kearifan lokal Indonesia. Lupakan penyuluhan yang membosankan, teoritis, berbelit-belit, dan susah dipahami. Sesungguhnya edukasi yang membumi adalah sebaik-baiknya pendidikan itu sendiri.

MAP

Similar Networks