Perak Project mengajak kita kembali melihat, mendokumentasikan, dan menafsirkan Perak melalui karya kreatif yang mengulik hubungan manusia dan tempatnya, terutama sehubungan dengan pelabuhan Tanjung Perak dan wilayah Surabaya Utara.

· 29 January 2015 · Keywords: ·

Perak Project mengajak kita untuk melihat wilayah “Perak” di Surabaya, kemudian menafsirkannya, untuk mengembangkan arsip dan pengetahuan kita tentang sejarah dan dinamika Perak.

Proyek ini tidak bermaksud menjadi perwakilan narasi maupun kesimpulan yang selesai tentang Perak. Terlepas berbagai perbaikan infrastruktur serta fasilitas umumnya, Perak mengalami perubahan dan dinamika yang cukup menantang seiring laju pertumbuhan pembangunan yang sedikit banyak arahnya semakin menjauhi daerah tersebut. Peran vitalnya sebagai pintu masuk dari jalur air juga mendapat saingan dari munculnya beberapa portal baru.

Tahap pertama dari projek ini telah dipamerkan pada 13-18 Februari 2015 di Wisma Jerman, sebagai pemantik awal untuk mengajak warga kota melihat kembali dan membayangkan narasi dan ide pikiran mereka tentang wilayah ini. (Pengantar pameran dan informasi karya dapat dibaca di sini.)

Memahami Perak yang bisa kita ibaratkan sebagai narasi kecil di Surabaya, semoga akan membantu kita memahami gambaran yang lebih luas dari narasi dan isu besar yang sedang dihadapi di wilayah lain di Surabaya yang sedang kencang pertumbuhannya. Mari berbagi pendapat, foto, pengetahuan dan narasi—sebesar atau sekecil apapun—tentang Perak.

Menjadi Syahbandar di Tanjung Perak

Anitha Silvia
Simak sekilas tentang Menara Kesyahbandaran Tanjung Perak, pemandangan laut nan cantik yang dapat dinikmati dari puncak menara, dan sedikit sejarahnya.

#PerakProject Walking Tour

28 Feb 2015 · 06:00 to 11:00
menyaksikan matahari terbit dan kapal pesiar yang datang pk. 06.00 pagi, mendapat sneak peek terminal baru Gapura Surya Nusantara. Dengan narsum Pelindo 3.

Inem Pelayan Sexy 2

Dhahana Adi
Mungkin film sekuel pertama yang mengambil lokasi di Surabaya. Tampak pembangunan terminal Tanjung Perak sebagai konsekuensi pembangunan infrastruktur kala itu.

#PerakProject: Ada Perak di Tepi Laut (bag. 1)

Muhammad Firman Bambang Irawan
Perak adalah satu dari tiga tempat di Surabaya yang pernah diabadikan dalam sebuah lagu. Namun tempat ikonik ini semakin hari semakin terasa meredup denyut jantung kehidupannya.

Pameran Perak Project

13 Feb 2015 to 18 Feb 2015
Pameran untuk mempelajari, menjelajahi, memetakan, menafsirkan ragam dinamika hubungan manusia & wilayahnya di Surabaya Utara melalui karya & kegiatan kreatif

#PerakProject on Twitter & Instagram